fbpx

Hidup Minimalis

Apa yang muncul dibenak anda tentang minimalis? Kebanyakan orang memikirkan bahwa minimalis itu kecil, simpel, sederhana, tidak ribet, dan sebagainya. Bagaimana jika minimalis diterapkan pada pola hidup kita? Hidup minimalis bisa membantu kita dalam berbagai aspek, mulai dari kebutuhan barang, ruangan yang ada di rumah, finansial, psikologi, dll.

Menurut buku yang pernah saya baca, yaitu Seni Hidup Minimalis karya  Francine Jay, ada metode yang bisa kita gunakan untuk memulai hidup minimalis. Metode yang pertama adalah Start over atau mulai dari awal, mulailah kita untuk merubah pola pikir dan menata barang-barang yang ada di rumah, disitu kita akan menemukan barang yang bisa dibilang tidak berguna. Trash, treasure, or transfer jika diartikan menjadi buang, simpan, atau berikan, setelah kita menata barang dan menemukan barang yang tidak berguna, selanjutnya mau kita apakan barang tersebut. Reason for each item atau alasan setiap barang, alasan ini yang memperkuat barang tersebut harus kita miliki. Everything in its place atau semua barang pada tempatnya, kenapa barang harus pada tempatnya? Agar tertata rapi, tidak berserakan, dan mempermudah kita jika membutuhkan barang tertentu.  All surfaces clear atau semua permukaan bersih, permukaan yang dimaksud adalah permukaan yang datar, seperti meja, kursi, karpet, dll. Permukaan tersebut harus bersih dari barang-barang yang tidak sesuai dengan tempatnya, hal ini bisa mengundang kita untuk menaruh barang lain disitu. Modules atau ruangan, semua metode yang disebutkan sebelumnya saling berkaitan, jika sebelumnya sudah dilakukan, maka akan terlihat ruangan di rumah kita akan rapi, atau malah terlihat kosong. Limits atau batas, ruangan di rumah kita pasti memiliki batas tampung, sehingga kita akan berpikir lagi untuk menambah barang. If one comes, one goes out atau satu masuk, satu keluar, yaitu jika ada satu barang baru masuk ke dalam rumah, maka harus ada satu barang lama yang keluar dari rumah kita. Narrow down atau kurangi, disini kita dituntut untuk mengurangi barang yang ada di rumah kita, bisa dengan mengurangi barang yang memiliki kesamaan fungsi, bentuk, atau warna. Everyday maintenance atau perawatan setiap hari, metode yang disebutkan tidak akan berguna jika kita tidak merawatnya setiap hari, jika tidak kita rawat, maka akan terulang lagi kebiasaan kita yang sebelumnya.

Semua metode yang telah disebutkan, dapat membantu kita untuk menerapkan pola hidup minimalis, yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita. Semua kembali pada diri kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping cart